Senin, 29 Desember 2008

Beternak Lebah Madu

Peternakan lebah Kembang Joyo

Beternak lebah berbeda dengan beternak hewan lainnya. Kalau hewan lain kita perlu merawat dan memberi makan setiap hari, kalau lebah kita tidak perlu merawat dan memberi makan. Kalau hewan lain kita perlu lokasi yang tetap, kalau lebah kita bisa berpindah-pindah.  Ternak lain harus terus diawasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalau lebah tidak perlu diawasi. Kita hanya duduk manis dan menunggu panen. Menyenangkan ya…
Untuk mulai beternak lebah tidak banyak yang perlu disiapkan, kita hanya perlu membeli koloni lebah.  Koloni lebah bisa dibeli di semua peternakan lebah, kita membeli koloni lengkap dengan kotak, kasa, dan tutupnya. Untuk sementara kita tidak perlu membeli koloni dalam jumlah banyak dahulu, tetapi kita juga jangan membeli dalam jumlah terlalu sedikit. Ada beberapa alasan yang sangat penting.
Untuk memulai peternakan lebah kita setidaknya harus mempunyai 20 koloni lebah. Ditempat kami harga satu buah koloni standart Rp. 350.000,- . Agar kotak lebah tidak langsung menyentuh tanah kita buatkan kaki (bisa terbuat dari besi, kayu atau bambu). Pada peternakan lebah biasanya terbuat dari besi, untuk alasan kekuatan. Tetapi tidak jarang yang terbuat dari kayu dengan alasan murah meriah.
Selanjutnya kita harus menyiapkan lokasi yang bagus. Lokasi untuk peternakan lebah tidak perlu sejuk atau di bawah pohon. Lokasi peternakan bisa dimana saja tidak masalah dibawah pohon atau dilapangan yang langsung terkena terik matahari, tidak ada pengaruhnya pada produksi madu.
Lokasi yang baik adalah lokasi yang dekat dengan sumber pakan lebah. Semakin bertambahnya waktu kita akan semakin mengenal apa saja sumber pakan lebah, karena tidak setiap tanaman berbunga dapat menjadi sumber dan adakalanya tanaman yang tidak berbunga adalah sumber pakan lebah.
Kita harus mengenal daerah (lokasi) tempat koloni lebah akan kita tempatkan, biasanya hal ini kita namakan survay lokasi. Survay harus dilaksanakan secara menyeluruh dalam radius 2 km. Kita harus tahu tanaman apa saja dalam radius tersebut, terutama yang kita amati adalah tanaman pakan lebah. 
Kita juga harus tahu kapan tanaman pakan tersebut berproduksi, karena sebuah tanaman pakan biasanya hanya berproduksi selama satu bulan. Namun ada jenis tanaman tertentu yang bisa berproduksi selama enam bulan. 
Kita tidak harus jadi ahli botani untuk mengetahui tanaman pakan lebah..
Berikut akan saya jelaskan beberapa tanaman pakan lebah yang sangat penting untuk diketahui bagi para peternak dan calon peternak lebah ;
Nama Tanaman                          Masa                                          Sumber Pakan
Kaliandra                           Februari     - November                       Nektar
Randu Jateng                    mei             - Juni                                  Nektar + Tepung Sari
Randu Jatim                      Juni             - Juli                                   Nektar + Tepung Sari
Randu Bwangi                   Juni             - Juli                                  Nektar + Tepung Sari
Mangga                              Juli              - Agustus                           Nektar
Mete                                   Juli               - September                      Nektar
Juwet                                  Agustus       - September                      Nektar
Karet                                   Agustus       - September                      Nektar
Sengon                               September  -Oktober                           Nektar
Rambutan                           September  -Oktober                           Nektar
Duren                                   September   -Oktober                           Nektar
Klengkeng                           September -Oktober                          Nektar
Sonokeling                          Oktober       -November                        Nektar
Kopi                                    1 minggu sejak mekar                        Nektar + Tepung sari
Kenaf                                   Satu bulan sejak tanam –
                                              Daun mau habis                              Nektar
Jagung                                 Satu minggu sejak mekar tp
                                           Dalam satu areal bisa bergantian      Tepung sari


Jenis tanaman yang merupakan sumber nektar tersebut diatas adalah sumber utama madu di Indonesia. Selebihnya saya dan teman-teman peternak tidak pernah mendapatkan madu, misalnya pada tanaman Apel kejadiannya lebah habis dan mati karena pada saat terjadi pembungaan tanaman Apel disemprot insektisida. Disamping itu dalam satu kawasan perkebunan Apel tidak bisa berbunga bersamaan, disebabkan pembungaan Apel bisa direncanakan oleh petani. Sampai saat ini tidak ada peternak yang berani masuk di perkebunan Apel, tempat tinggal saya sendiri (Malang) merupakan sentra perkebunan Apel.

Jenis tanaman pakan lain misalnya Nanas juga merupakan penghasil nektar, tetapi pembungaan nanas dalam satu areal tidak bisa bersamaan. Jadi terkadang ada yang bisa panen madu nanas tetapi terkadang hanya cukup untuk dimakan lebah, jadi tidak bisa menjadi andalan bagi peternak.















1 komentar:

PEMBUATAN RATU LEBAH MADU

(Bagian 1) Sebelum kita membicarakan tentang pembuatan Ratu Lebah Madu, ada baiknya kita mengenal Sang Ratu terlebih dahulu. Mengapa d...